indomietelorkeju

indomietelorkeju
Bergelap-gelaplah dalam terang, berterang-teranglah dalam gelap. Tan Malaka

Total Pageviews

Wednesday, 29 October 2014

Berburu Pesona di Sawarna

Pengalaman saya ketika berlibur ke pantai sawarna ini saya tulis dalam bentuk diskusi antar 2 orang yang sedang berencana liburan agar tulisan ini tidak terasa monoton tapi apa yang diceritakan oleh tokoh A itu adalah refleksi dari pengalaman saya pribadi.


Q: Eh aku bosen nih pengen liburan, bosen kena macet melulu tiap hari belum lagi klakson kanan kiri ditambah asap knalpot yang bikin muka aku jerawatan. Liburan yuk, weekend ini gimana?

A: Kemana emangnya?

Q: Gatau, aku juga aku kemana. Kamu ada ide gak kemana? Pokoknya aku pengen yang gak jauh-jauh amat kan kita libur cuma sabtu-minggu. Terus kalau bisa yang jauh dari perkotaan deh males aku udah mumet banget aku pengen suasana alam alam gitu. Oia satu lagi yang murah ya! Ada ide?

A: Hmmm...

Q: Kok Hmm doang? Yaudah apa kita ke mall lagi aja apa?

A: Ih bawel. Aku kan lagi mikir. Jangan-jangan! Bosen banget ke mall mulu. Aku ada ide nih, gimana kalau kita ke pantai sawarna?

Q: Apaan tuh apaan? Coba promosiin pantai sawarna ke aku supaya aku mau kesana! Hihihi

A: Ih, nih ya aku ceritain. Dulu pas masih kuliah aku udah dua kali ke pantai sawarna. Alasan pertama aku kesana ya aku iseng soalnya kata orang-orang masih bagus gitu pantainya masih murni belum tercemar gitu. Alasan ya kedua aku kesana lagi, karena aku ketagihan kesana. Hehe. Pantai sawarna ini terletak di daerah lebak banten gitu loh.

Q: Jauh ga dari jakarta?  Berapa jam?

A: Engga kok engga. Aku malahan udah dua kali kesana dengan dua jalur yang berbeda, yang pertana lewat jalur timur  yang kedua lewat jalur barat.  Dan saran aku, kamu harus pakai jalur timur aja karena jalur barat jauh banget. Pertama, kalau jalur timur itu aku lewat daerah tol jagorawi langsung ciawi cibadak ngelewatin pelabuhan ratu dan sampai lah kita ke sawarna. Total aku cuma makan waktu 5-6 jam.  Nah, kalau jalur barat itu aku berangkat jam 10 siang sampe jam 18 sore coba. Jauh banget kan? Jalur barat itu waktu itu aku lewat kabupaten bogor-dramaga-rangkasbitung-malingping-bayah baru sampe sawarna. Dan jalur barat kurang recomended karena medannya yang susah dan pencahayaan kurang.

Q: Nah, so far oke sih. Terus kamu nginep dimana? Makan dimana?

A: Tenang aja untuk masalah penginapan, di sawarna penginapan gak terlalu mahal bahkan bisa dibilang murah sih. Pas trip aku yang pertama, aku nginep di penginapan lidi-lidi namanya. Waktu itu aku berangkat berlima sama temen aku, aku kena 105rb/ malem itu udah include makan 3x dan makannya pun ga sembarangan. Makan ikan bakar! Dan itu kamu bisa all you can eat makannya.
Sedangkan untuk yang trip kedua aku minim budget banget, aku berangkat 7 orang dan nginep di penginapan juga. Seorang kena 35 rb lah kalau gak salah, tapi gak dapet makan tapi hehe dan tidurnya juga dempet-dempetan. Tapi tenang aja, makanan tersedia dimana-mana karena banyak warga yang ngejual ikan bakar dan juga makanan lainnya di sekitaran pantai.
Oia, aku lupa ingetin kamu kalau nanti bawa mobil kesini mobilnya ditaruh di luar kawasan pantai, soalnya pantai sawarna tuh akses masuknya cuma satu dan itupun lewat jembatan gantunng. Tapi tenang aja, pasti aman. Itulah yang menyebabkan kondisi di pantai sawarna masih asri banget dan gak tercemar.

Q: Wah asik banget murah. Eh tapi disana aku bisa kemana aja nih? Kamu ceritanya kurang lengkap nih.

A: Sabar dulu makanya, ini aku mau cerita. Ok, disana yang jelas ada pantai. Kamu kalau kesini harus ke pantai tanjung layar ya, karena ini merupakan simbol dari pantai sawarna itu sendiri. Disini juga banyak orang yang berselancar karena emang gede banget ombaknya, kacamata aku aja hanyut waktu itu hehe. Dan lagi disini banyak tukang jualan, jadi kamu bisa ngerasain sensasi makan seafood sambil ngeliat sea.
Selain laut disini juga ada goa, goa lalay namanya. Letaknya agak jauh dari jembatan gantung dan untuk nyampe kesana kamu harus tanya-tanya dulu ke orang karena akupun lupa letak persisnya. Disini juga kamu bakal ngerasain sensasi layaknya indian jones, karena goa ini banyak stalaktit dan didalam goa pun air yang menuju laut masih kencang mengalir. Kalau kamu kesini kamu harus bayar 7000 kalau gak salah, untuk penyewaan lampu dan guide.
Selain goa dan laut, disini juga banyak perbukitan yang masih asri kamu jalan-jalan aja disini kapan lagi bisa lihat pemandangan seperti ini di kota. Dan yang paling terpenting sih kalau kesini, kamu harus dapet sunsetnya! Karena sunsetnya keren banget. Pas trip pertama aku dapet sunset tapi pas yang kedua aku engga dapet karena hujan. Terus ada lagi nih, tapi  gajadi deh. rahasia..

A: Apaan sih? Kok rahasia-rahasiaan? Ayo cerita!

Q:Iya, iya haha aku nyebutnya pantai rahasia karena emang rahasia banget tempatnya. Ternyata namanya pantai legon pari. Wah ini keren banget sih. Untuk nyampe kesini kamu harus naiki gunung lewati lembah atau bisa juga melipir ke pantai. Pas trip pertama aku naiki gunung lewati lembah sampe sampe sendal aku putus tengah jalan. Untung yang trip kedia aku lewat melipir pantai, tapi kamu harus hati-hati karena ombak suka meninggi.
Disini itu pantainya bener bener masih bersih dan sepi jarang berpenghuni, saking sepinya aku aja sampai liat kerbau mandi disini beneran!

Q: -__-

A: haha iya beneran deh. Dan yang uniknya lagi pas aku kesini engga ada listrik sama sekali jadi mereka bener bener kalau udah malem ya malem aja bener bener cahayanya dapet dari bulan dan bintang. Nah itu sih paling yang bisa aku ceritain aku abis trip ke sawarna. Gimana tertarik ga kesana? Mau aku lihatin foto-foto aku pas disana?

Q: Mau! Mana fotonyaaa! aku liat

A: Nih (Sembari mengeluarkan handphone yang berisi foto-foto saat ke sawarna)


Goa Lalay
Sunset di Sawarna

Di legon pari
Di perbukitan menuju legon pari

Tanjung layar

kerbau yang aku bicarain tadi diatas. Aku ga bohong kan? Karena no pict=Hoax
Ayo jangan lihat fotonya doang, mending langsung kesini! Kita berburu pesona di Sawarna!


No comments:

Post a Comment