indomietelorkeju

indomietelorkeju
Hidup yang dimenangkan adalah hidup yang dipertaruhkan

Total Pageviews

Sunday 9 February 2014

Tenggelamnya Kapal Van Persie

Sumber: 101greatgoals

Jika ditanya, siapakah orang orang yang terus bersedih setiap akhir pekan? Saya akan menjawab, ada dua golongan, dua duanya mengagumi sesuatu yang berkostum merah dan juga memiliki unsur setan di dalamnya, Penggemar AC Milan dan Manchester United. Kalah dari napoli, orang sebengal mario balloteli pun tidak kuasa menahan air matanya saat di bench, menyentuh sekali. Kembalinya sang juru selamat bernomor 22, ricardo kaka ternyata bukan jaminan membawa kota fashion ini untuk kembali ke performa terbaiknya. Apa yang terjadi dari juara champions tujuh kali ini cukup ironis mengingat sebenarnya materi skuad mereka sebenarnya cukup baik untuk bertengger di empat besar, walaupun tidak sebaik musim musim sebelum 2011. Tapi bukan milan yang ingin saya bahas, melainkan tim yang paling laris sebagai bahan lucu-lucuan orang orang, Manchester United.

Satu hal yang membedakan kejatuhan Manchester United dan AC milan, kejatuhan AC milan musim ini dilihat sebagai sesuatu yang sangat disayangkan dan banyak pihak yang turut sedih atas kemunduran prestasi ini. Lain hal dengan Manchester United, mungkin hanya satu golongan yang bersedih atas kejatuhan ini, Fans-Fansnya. Sisanya, joke david moyes beretebaran dimana-mana, bahkan pemain manutd sendiri pun seperti rio ferdinand pun mencoba mengeluarkan tweet tweet satir yang notabene mengarah ke david moyes, seluruh dunia terkecuali fans manchester united merasa tingkat kebahagiaannya naik ke level maksimal. Lucunya, pelatih-pelatih liga inggris lainnya belum ada hingga sekarang yang melakukan psy war atau minimal ejekan kepada david moyes, mungkin mereka ingin berbalas budi atas tiga poin yang diberikan cuma cuma oleh tim asuhan david moyes.

Bertanding menjamu fulham sang juru kunci di old trafford, Manutd hanya bisa mendapatkan satu poin. Bermain dengan gaya permainan zaman zaman socrates dan plato masih hidup, united melakukan permainan yang one dimensional, sangat kuno sekali. Mengandalkan crossing dari kedua flank, dan berharap di tengah ada oliver bierhoff menyundul. Jumlah crossing united di pertandingan itu adalah crossing terbanyak sebuah tim dalam satu pertandingan, United melakukan 81 crossing, dengan catatan hanya david de gea dan nemanja vidic yang tidak melakukan crossing, lucunya hanya 18 (Sumber: squawka) yang tepat sasaran dan Gol Gol united bukan berasal dari crossing. Saya rasa semua pemain united merasa dirinya adalah siswa sekolah dasar yang sedang mengerjakan soal pilihan ganda sebanyak 100 biji. 

Sebenarnya permainan united kemarin malam bisa dibilang jauh lebih baik daripada saat melawan stoke city. Walaupun sangat kuno karena mengandalkan sayap tradisional, tapi permainan united jauh sangat bergairah dan juga peran carrick yang notabene sebagai man of the match kemarin sangat membantu sekali. Visi bermain carrick kemarin adalah yang paling modern dibanding rekan-rekannya yang masih terjebak dalam pola pikir masyarakat berburu dan meramu. Juan mata, yang kita kenal sebagai pemain kreatif dan mengecap double degree kemarin bermain layaknya pemusik yang sudah menelurkan 30 album tapi tidak ada yang terkenal, Lack of Creativity.



Memasukkan enam-tujuh orang yang bertipe menyerang di lapangan, united harus membayar mahal keputusannya. Antonio valencia yang notabene bukan seorang bek kanan, dipaksa menjadi bek kanan, alhasil tragedi pun terjadi di fergie time, di menit 94 darren bent, menyamakan kedudukan, memanfaatkan kelengahan di sektor kanan united yang diisi bukan oleh fullback murni. Ini bagaikan karma atas dosa yang dilakukan manunited pada tahun tahun sebelumnya, membalikan keadaan pada menit-menit akhir. Dan di era moyes, dosa ini harus dibayar, beberapa kali united hanya bisa lemas melihat dewa alastor membalaskan dendam orang orang yang dianiaya di era fergie. Dan seharusnya united harus bersyukur, karena andai kieran richardson kemarin menendang dengan kaki kanannya, skor 3-2 lah yang kita lihat hari ini. Untuk kemenangan sang juru kunci.

Entah apa yang harus diperbaiki, yang jelas kemarin strategi david moyes mengganti rafael menjadi valencia, adalah keputusan yang sangat pandir. Mengingat, keputusan seperti ini udah dilakukan lebih dari tiga kali contohnya saat melawan everton dan juga swansea, dan hasilnya juga sama, mengecewakan. Walau tidak bisa dipungkiri juga keputusan memasukan adnan januzaj adalah keputusan yang tepat, karena gelora darah muda januzaj yang berani melakukan shooting yang tidak dimiliki oleh pemain kolot lainnya. Itulah moyes, dia belum puas kalau dia mengambil keputusan yang bagus, maka dari itu harus dibarengi keputusan yang bodoh, guna menjaga keseimbangan dan yin-yang dalam sebuah tim.

Van persie, Juan Mata, Wayne rooney mungkin merasa mereka adalah pihak yang paling dirugikan dengan kemunduran ini. Tiga pemain yang sebenarnya sudah bisa dikatakan top class, tapi bermain layaknya mediocre akhir akhir ini. Mungkin kisah van persie yang paling sedih, awalnya van persie adalah sebuah awak kapal london, bosan 8 tahun tidak pernah mendapatkan harta karun akhirnya van persie memutuskan menjadi awak kapal manchester. Benar saja, baru setahun van persie sudah mendapat gelar liga inggris dan juga community shield. Betapa bahagianya ia, dia sempat merasa kalau pergantian nakoda dari Sir Alex ke david moyes tidak terlalu berpengaruh.

Tapi david moyes mengeluarkan jati diri aslinya, semakin hari semakin waktu sang nakoda semakin gemar mabuk, materi latihan yang lebih keras daripada nakoda sebelumnya membuat van persie kemarin dirundung cedera panjang. Awak awak kapal lainnya sudah tidak tahan dan berencana kabur memakai sekoci ke laut luas, berharap ada kapal kapal lain yang bersedia mengangkut. Van persie pun begitu, berharap kapal lamanya dari london yang sekarang jauh lebih baik dari tahun tahun sebelumnya, mengangkut dia kembali menjadi awak kapal dan menjadi garda terdepan untuk meledakan meriam kapal london tersebut.

Sayangnya, kapal van persie harus tenggelam di tengah perjalanan kaburnya. Tenggelam di samudera luas yang ombaknya terkenal sangat tinggi dibanding samudera lainnya dan dihuni banyak monster laut,samudera itu bernama Barclays Premie League.

1 comment: