indomietelorkeju

indomietelorkeju
Hidup yang dimenangkan adalah hidup yang dipertaruhkan

Total Pageviews

Tuesday 1 April 2014

Manunited vs Bayern Munchen : Benteng David yang sulit ditembus Goliath

Sumber gambar: Squawka.com

Melihat pertandingan tadi malam saya teringat cerita david dan golliath. David yang notabene pemuda bertubuh kecil yang kesehariannya hanya menjadi penggembala menang melawan Goliath yang kita tahu sebagai prajurit bertubuh tegap dan dikenal paling perkasa oleh orang fillistin. David memenangi pertarungan itu tidak dengan senjata yang rumit atau apapun, tapi dengan sebuah batu yang dia lemparkan kepada golliath yang bersenjatakan tameng dan pedang serta perkakas perang canggih lainnya.Mungkin itu adalah hukuman tuhan untuk golliath yang senang sesumbar dan angkuh. Dalam hal ini David adalah Manunited, Goliath adalah bayern munchen. Bedanya, Goliath belum mati di pertandingan kali ini.

Tadi malam, prediksi saya yang saya tulis satu jam sebelum kick off hampir semuanya tepat. Tulisannya ada disini link1. Jalannya pertandingan sudah jelas menjadi milik bayern munchen, dengan hanya menyisakan 26% untuk manunited. Bayern menggunakan 4-2-3-1 dengan thomas muller menjadi false ninenya dan phillip lahm+schweinsteiger menjadi double pivot. Sedangkan manunited diluar dugaan memakai formasi 4-3-3, dengan transformasi ketika bertahan mereka merubah pola menjadi 4-5-1 dengan menyisakan wellbeck di depan. Rooney juga ketika menyerang maupun bertahan diplot untuk menjalankan perannya sebagai trequertista sekaligus deep lying forward Dari menit pertama, tempo sudah meninggi, tidak ada yang namanya berleha-leha.

Munchen terus menekan united dari menit awal, sayang bagi munchen, perubahan formasi yang dilakukan manunited ketika bertahan yaitu menumpuk pemain di second line munchen, membuat kreativitas munchen mandek. Umpan umpan pendek mereka tidak bertuan, sehingga terasa kurang efektif, bisa dilihat dari statistik munchen melakukan 757 passing, sedangkan united hanya melakukan 241 passing (Sumber: squawka). Muller seperti diisolasi didepan, dan toni kroos seperti menghilang dari lapangan. Lain halnya dengan manunited, mereka bermain sangat efektif dan cepat di menit awal. Terbukti dari gol wellbeck yang dianulir dan juga wellbeck yang menyia-nyiakan kesempatan paling berharga, saat dia hanya tinggal menendang bola sekencang-kencangnya ke gawang munchen, mengingat dia hanya tinggal berhadapan dengan manuel neuer. Sayang, wellbeck tetaplah wellbeck, dia lebih memilih untuk men-chip bola saat jaraknya sudah sangat dekat dengan kiper. Hebat.

Lolosnya wellbeck saat counter attack, menunjukan bahwa munchen seringkali gagap ketika menerima serangan balik dari united, selain itu wellbeck juga bermain cukup gemilang malam itu karena bisa memanfaatkan kelemahan tingginya defensive line munchen, disamping kesempatan emas yang dia buang. Munchen praktis hanya mengandalkan kemampuan long shootsnya robben, kroos atau schweni, karena sulitnya masuk ke pertahanan united yang rapat.  Saat memasuki babak kedua, shinji kagawa, yang acap kali menjadi senjata dortmund saat menghancurkan munchen, masuk menggantikan ryan giggs yang memang tidak segemilang saat melawan olympiakos. Mungkin Giggs tidak nyaman dengan pressing tinggi pemain munchen.

Sumber gambar: Squawka.com

Benar saja, masuknya kagawa membawa aura tersendiri bagi penyerangan united. Kagawa mampu membuka ruang ruang untuk pemain lain, lihat saja ketika fellaini yang tiba tiba suka berada di flank untuk mengirim crossing. Sayangnya, fellaini butuh belajar 3-4 tahun lagi untuk bisa melakukan crossing yang benar. Munchen sesekali juga memaksa untuk meringsek ke kotak penalti united, tapi sayang yang mempunyai kemampuan akselerasi bagus hanya robben dan ribbery, itupun mereka terlihat kepayahan karena manunited sama sekali tidak memberikan gap untuk pemain munchen masuk. Akhirnya gol pun datang untuk united. Nemanja vidic sukses menyundul bola corner dari wayne rooney. Gol vidic menegaskan bahwa saat kemarin, pemain munchen seakan gagap untuk bertahan karena terlalu asyik membuka celah untuk menyerang, lihat saja bagaimana lahm lupa untuk menjaga vidic saat corner. Beruntungnya munchen, striker yang digunakan united adalah danny welbeck.

Setelah gol, pep pun memasukan striker murni, mandzukic untuk menggantikan thomas muller. Pep terlihat ingin bermain lebih direct. Benar saja, sekarang bola bola yang dikirim dari pemain munchen terlihat lebih bertujuan. Dan itu membuahkan hasil ketika mandzukiclah yang memberikan assist kepada schweinsteiger. Pemain united telalu serius menjaga mandzukic, sehingga tidak melihat datangnya schweinsteiger yang tak terkawal. Setelah gol schweinsteiger, permainan tampak mengendur temponya. Tapi sial bagi munchen yang seakan takut menghadapi counter dari united, schweinsteiger mendapatkan kartu kuning kedua karena melanggar rooney yang sedang ingin melakukan counter. Begitu juga javi martinez yang kaget dengan pergerakan chicarito, terkena kartu kuning, sehingga dia tidak bisa tampil saat bermain di allianz arena.

Saat akan berakhir pertandingan, manunited dan munchen melakukan pergantian pemain. Gotze masuk untuk menggantikan kroos, pep butuh pemain dengan kreatifitas tinggi dalam membongkar pertahanan united. Ashley young masuk untuk menggantikan buttner, sehingga posisi bek kanan ditempati valencia dan bek kiri oleh phil jones. Moyes berhasrat agar  meredam dua flank munchen dengan para algojo algojo berotot-nya. Hingga akhir pertandingan tidak ada tim yang terlalu bermain ngotot, mungkin mereka puas dengan hasil seri. Sebenarnya dengan hasil seri ini, bayern munchen mendapat keuntungan lebih karena mendapatkan gol tandang. Di lain pihak, pasti banyak pendukung united yang bersyukur karena tahu timnya tidak menjadi bulan-bulanan, layaknya barcelona setahun lalu.

Permainan united yang mampu meredam kreativitas munchen perlu diberikan sedikit kredit mengingat betapa jeleknya manunited di liga. Second leg di allianz arena sepertinya akan menampilkan pertandingan yang habis-habisan, terlebih untuk united yang minimal harus mencetak satu gol tandang. Barangsiapa yang bermain lengah atau tidak konsentrasi, akan terkena akibatnya. Semoga manunited jangan terlalu tenggelam dalam euforia karena menahan seri juara bertahan liga champions dan juga semoga munchen tidak merasa lebih unggul dari manunited karena mendapat gol tandang.

Karena kita tahu, goliath kalah karena ia terlalu jemawa kan?

No comments:

Post a Comment