indomietelorkeju

indomietelorkeju
Hidup yang dimenangkan adalah hidup yang dipertaruhkan

Total Pageviews

Friday 11 April 2014

Yah, Namanya Juga Tingkat Akhir (I)

Trivia: Saya menulis ini ketika sakit perut. Btw saya sedang malas menggunakan kata ganti 'saya'.

Dulu, pas gue masih semester-semester awal, gue ngerasa kalau semester akhir itu terlalu terglorifikasikan. Kayaknya, semester akhir tuh kaya stage terakhir di game mortal kombat. Lu pasti nyaris mati pokoknya di tangan Shao Khan, Raja terakhir mortal kombat. Semua orang dan akun akun twitter yang berbau kemahasiswaan berlomba-lomba menyuarakan simpati, harapan, dan motivasi untuk para penempuh semester akhir. Entah ada apa di semester akhir, padahal kan enak, tinggal ngerjain skripsi? gak usah bangun pagi? Gak usah musingin absen?Gak usah UTS dan UAS? Semenderitanya-kah semester akhir?

Dan sialnya, itu bener.

Awal-Awal, gue masih merasakan kenikmatan euforia semester akhir. Begadang sepuasnya, tanpa harus pusing mikirin besok bangun jam berapa. Gak ada tugas dan gak ada harus berjauh-jauh ke kampus lagi. Bebas main anytime. Tapi lama-lama, apa? Jenuh. Gitu-gitu aja, engga ada dinamika. Suasana kuliah itu secara enggak langsung udah engga ada lagi, suasana lu jadi anak kuliahan lu itu udah pudar, lu sebenernya udah setengah mahasiswa kalau udah jadi mahasiswa tingkat akhir. Gue kebetulan sama temen-temen di kampus gw, sering duduk duduk bareng hingga larut sambil diskusi,  nah itu tuh cuma khayalan di semester akhir. Susah banget ngumpulin, temen temen, duduk bareng, karena setiap orang udah punya orientasinya masing-masing disini. Sesuatu yang dinamakan "Ego" Terus minta untuk disuapin di waktu waktu ini.

Itu pertama, yang kedua adalah duri dalam daging.

Libur di keseharian lu itu cuma fatamorgana, ada duri yang nusuk diantara sendi sendi lu, duri itu namanya skripsi. Okelah, kalau lu bisa tidur jalan jalan sepuasnya, tapi duri itu masih nancep, dan lu pasti sekali atau dua kali pasti ngerasain sakit dari duri itu. Apalagi kalau misalnya, cewe lu atau temen lu udah pada duluan lulus, Men, duri yang ada di daging lu pasti tiba tiba ukurannya jadi gede, dan tiba tiba durinya ngeluarin jurus seribu bayangannya naruto, alhasil lu infeksi seluruh tubuh. Duri itu sesegera mungkin harus lu cabut, even, nanti bakal ada duri duri lain di hidup lu, tapi seennggaknya lu harus ngerasain liburan tanpa duri kaya kita pas masih kecil dulu. Adem ayem, gak peduli besok ada apa. Udahlah cabut aja durinya, gasakit apa ketusuk terus? Apalagi kalau lu denger pertanyaan "Lo kapan lulus?" 

Masih nyambung sama paragraf sebelumnya, yang tentang "Lo kapan lulus". 

Banyak orang orang yang tidak tahu betapa sulitnya skripsi kita dan menganggap skripsi mereka jauh sangat lebih sulit. "Lu enak skripsinya gini doang, lah gw blablabalbal" "Ih itu mah gampang kali, liat nih data gw blblabalabal" "Ah alesan lu, skripsi lu mah gampang ini blababalab". Kayaknya mereka sangat menikmati dirinya terjerembab dalam lembah penuh derita kali ya, ada kenikmatan tersendiri kalau apa yang dia kerjain susah. Men, kesusahan orang orang itu gabisa diperbandingkan, kalau pun bisa, lu gakan pernah bener bener ngerti kesusahan orang tersebut. Dia susahnya apa? apa yang bikin dia susah? apa emang dia yang gabisa? atau materinya yang bener bener susah? kita gakan pernah tau, dan pasti gakan cari tau. Udahlah coba ngerti aja, dan kasih semangat, soalnya orang orang yang udah kritis kaya anak anak tingkat akhir pasti sumringah dikasih semangat. Walaupun kalau kebanyakan, basi juga. hehe


Entah kenapa gaya tulisan gue berubah jadi ngaco kaya gini. Yah, namanya juga tingkat akhir



No comments:

Post a Comment