indomietelorkeju

indomietelorkeju
Hidup yang dimenangkan adalah hidup yang dipertaruhkan

Total Pageviews

Tuesday 4 June 2013

The Dark Knight Review


Ceritanya ini laptop gua lagi rusak, perlu kurang lebih 15 menit buat ngetik huruf C di awal postingan ini. C for curhat Hehe Oke sebenernya postingan ini terinspirasi dari ketiga kalinya  nonton salah satu trilogy batman, the dark knight. Ya, trilogy batman ini terdiri dari batman begins-the dark knight-the dark knight rises. Trilogy ini adalah trilogy terbaik yang pernah gue liat sampe sekarang, ngalahin tersanjung yang sampai duabelaslogy.

Kalau disuruh milih dari ketiga sekuel itu mana yang paling keren, gue akan tanya dulu, keren apanya? Kalau keren batmannya, di TDKR. Kalau keren lawannya ya jelas di TDK. Tapi kalau untuk nanya overall, gue saranin nonton TDK vs TDKR deh. Sampe sekarang gua gabisa milih antara dua itu, karena sama sama keren cuma nawarin rasa yang beda.


"You either die a hero or live long enough to see yourself become the villain. I can do those things. Batman" Harvey dent

Di The Dark Knight, Proporsi yang biasanya peran utama 70% vs peran pembantu 30 % ini terbantahkan, proposinya Batman 37 % vs Joker 63%. Joker yang diperankan alm. Heath ledger emang gila banget. Dia nawarin kejahatan kejahatan baru yang engga bikin orang mati, tapi orang pada chaos. Mungkin ada sedikit kenikmatan tersendiri buat si joker ini kalau ngelakuin aksi kejahatan yang un-planned dan engga ada tujuan (Well but i think joker is genius planner). Kaya aksi joker pas pertama kali film mulai, dia ngebobol bank dengan sistematika yang sangat teratur dan rapi, sampe sampe timingnya pas ketika ada bis sekolah mauk bank (planned) tapi di ending dia bunuh semua temennya (spontan/unplanned). Lalu untuk apa uangnya? Dibakar. Sakit.



"Don’t talk like one of them. You’re not! Even if you’d like to be. To them, you’re just a freak, like me! They need you right now, but when they don’t, they’ll cast you out, like a leper! You see, their morals, their code, it’s a bad joke" Joker

Ada lagi menurut gua yang lebih gila lagi disini, ketika dia naro handphone yang ternyata pemicu bom disalah satu perut residivis, dan buat nyalain bom itu, joker harus nelfon handphone itu. And we saw it coming, penjara meledak. Thats why i still think joker is a pro planner, although he said that he is a guy without plan. I dont believe that, sometimes. Or maybe joker is a pro planner without goals. Thats!

Yang gue suka dari joker di dark knight, banyak yang kata katanya, atau mungkin semua kata katanya bener adanya, jujur, walau kesannya menyeramkan, tapi ya itu adanya. Mungkin dia pendosa tapi dia engga hipokrit. dia juga engga pernah ada niatan bunuh batman, karena tujuan dia jadi penjahat bukan cari uang, cari tahta atau etc. He does what/when/where he wants. Spontan, no goals. Dia cuma hidup buat di hari itu aja. Mungkin gue suka karena filosofi gue sekarang dengan dia sama. Hidup hanya untuk hari ini aja, bukan buat kemarin atau kedepan. We love surprised. Anti stagnasi!

Well udah kepanjangan kita bahas joker, ayo kita bahas batman. Sebenernya kalau mau liat kekerenan batman, salah kalau disini. Nolan bikin batman disini perannya 'fall' banget dan di TDKR 'rises'. Anjing emang nolan jenius. Batman disini emosian, childish, tidak tegas dan pengecut tepatnya. Contohnya, dia yang dimarahin alfred soalnya sok sokan ngajakin berantem mafia, atau yang engga berani nembak rachel. Batman di-tai-taiin sama joker disini, sampe terakhir pun dia masih ditai-taiin, walaupun akhirnya joker kalah. Kalahnya bukan kalah berantem, tapi kalah adu persepsi, yang masalah bom waktu di kapal.

"Do i really look like a guy with plan? I’m like a dog chasing cars, I wouldn’t know what to do if I caught one, you know, I’d just do…things" Joker

Dari kacamata gua emang nolan sengaja bikin christian bale jadi seburuk buruknya sifat superhero, atau negesin ke kita, superhero juga bisa ngerasain perasaan kalah, emosi, galau etc yang berbau negatif. Yang ironis sampe akhirnya batman kabur dikejar polisi, dimana dulu polisi dan batman sekutu. Atau mungkin ini trik buat di TDKR jadi ending klimaks. Genius Nolan sakit!

Menurut gua batman dan joker ini sebenernya sama. Atau malah ada candu diantara batman dan joker. Candu gimana?Candu diantara mereka buat berantem terus.Yang gua kutip dari joker kalau batman complete him. Dan batman juga engga bisa nabrak joker padahal kemungkinan untuk nabrak terbuka besar, Ketagihan bertarung mungkin? Mungkin joker mengakui secara pasrah kalau batman emang bikin joker terinspirasi, tapi batman mungkin malu malu mengakui sisi 'freak'nya kalau dia juga seneng bertarung sama joker. Maybe. 




"This city just showed you that it's full of people ready to believe in good" Batman

Hubungan mereka kaya yin&yang, hitam di dalam putih, putih di dalam hitam. Joker coba nunjukin ke batman kalau gotham its full of shit, lets party bat boy! Tapi batman coba nunjukin ke joker, its just in your mind, gotham is fine. Because im the hero! Mungkin ini yang ngebuat film dark knight dianugerahi banyak penghargaan dan rating sangat tinggi yang menyerempet film shawsank redemption. Kapan lagi bisa ngeliat jagoan kalah? Cuma di film ini bisa ngeliat jagoan kalah. Ini bener bener film manusiawi. Dan gua bakal menyelipkan diantara jeda paragraf, quotes quotes yang mungkin bisa bikin lu mikir kalau film ini emang engga salah diganjar penghargaan begitu banyak sampe sampe heath ledger aka joker meregang nyawa di tangan obat tidur. Well done joker. 

Bruce ‘Batman’ Wayne – “Sometimes, the truth isn’t good enough. Sometimes people deserve more. Sometimes people deserve to have their faith rewarded.

No comments:

Post a Comment