indomietelorkeju

indomietelorkeju
Hidup yang dimenangkan adalah hidup yang dipertaruhkan

Total Pageviews

Friday 3 May 2013

Butuh Cepat, Metronome.






Metronome, apa sih itu? mungkin buat sebagian orang yang udah ngerasain namanya rekaman atau emang gape banget soal musik pasti tau nama alat ini. Metronome itu alat buat ngatur tempo kita supaya engga lari larian, itu sih bahasa gue nya. Mungkin bahasa resminya, metronome itu satuan ketukan untuk mempertahankan konsisten tempo dengan irama teratur. 

Lah terus kenapa metronome penting? Penting banget buat ngatur tempo. Bayangin aja misalnya si gitaris mainin partnya dengan tempo 140, sedangkan drummer mainin part 120. Engga ada harmonisasi disini, karena gitaris lari lebih cepat, dan drummer lebih lambat. Makanya semua bagian dari band harus nurut dengan tempo yang disetujui dari awal, dengan metronome sebagai guidenya.

Percuma kemampuan maen gitar lu sejago steve vai, atau drum lu sejago portnoy kalau emang lu enggabisa ngatur tempo. Emang ada beberapa, musisi yang udah engga pake metronome, entah memang karena mereka jago atau emang karena mereka gasuka pake metronome. Tapi pasti semua musisi yang rekaman pasti tau dan emang pernah pake metronome.

Gua pada awalnya ngerasa ribet pake metronome, karena harus selalu denger bunyi 'nit nut nut nut nut nit' di dalam earphone yang besar, dan itu yang mengiringi gw ngisi part guitar. Tapi kalau engga pake metronome, ya tempo gua balapan, biasa emosi bergejolak. Tapi sekarang sekarang gua kangen metronome, soalnya itu bakal ngepush ego kita untuk keluar jalur, bakal ngepush kita untuk tidak bermain terlalu semangat atau terlalu loyo. Karena ada suatu tempo yang harus kita pasin.


Kadang kita harus nemuin metronome metronome lain di hidup kita. Siapapun atau apapun yang bisa kendaliin emosi kita kalau terlalu euforia atau ngangkat kita kalau kita terlalu berduka. Ya, tempo perasaan disini yang diatur. Mungkin kita suka kesulitan mengguide diri sendiri tanpa bantuan orang diluar sana, coba cari metronome diluar sana yang bisa bikin kehidupan kita pas dan punya harmoni yang indah dengan tempo yang pas.

No comments:

Post a Comment