indomietelorkeju

indomietelorkeju
Hidup yang dimenangkan adalah hidup yang dipertaruhkan

Total Pageviews

Monday 11 March 2013

Hubungan tanpa status antara jersey dan fans.


Kita hidup di Indonesia, yang kadang kadang aneh, semua bisa cepat menjadi tren atau tidak disini. Seperti kisah tren jersey yang menimpa kita sejak tahun 2010 sampai sekarang, dari ke mall, kuliah. manggung atau sampai beribadah sekalipun memakai jersey tim kesayangan mereka, seolah pemain tim tersebut terharu karena jerseynya dipakai terus. Jersey sekarang sudah sangat identik dengan fans, maksudnya, jika misalnya dia pakai jersey ac milan, berarti bisa dipastikan dia fans ac milan. Katanya. Tapi kalau dipikir secara analitik, memang ada hubungannya?



Ada paradigma yang aneh disini, pemikiran ortodoks di indonesia dengan kata kata fans karbitan. Karbit? apa itu karbit?  kalau kata wikipedia sih senyawa kimia dengan rumus kimia CaC2. Karbit digunakan dalam proses las karbit dan juga dapat mempercepat pematangan buah. lalu apa hubungannya dengan fans? mungkin perlu digaris bawahi itu kata cepatnya mungkin. Seorang yang dikatakan fans karbitan itu adalah fans yang tiba tiba menyukai tim itu tanpa proses terlebih dahulu. Kita ambil contoh, barcelona mencapai puncak kejayaan dari tahun 2008- sekarang, walaupun sekarang mulai rubuh oleh duo portugal dari madrid.
Nah, banyak fans yang tiba tiba lahir tanpa proses pembuahan terlebih dahulu, karena adanya leonel messi ataupun juara yang diborong ataupun gaya tiki taka yang atraktif, dulu, Atau fans manchester city, yang tiba tiba merubah nama KTP nya menjadi galagher. City menjadi kuat disekitaran sekitaran 2008/2009 setelah dibeli oleh syekh mansour. 


Lalu salah menyukai tim secara tiba tiba? ataupun karena gelar juaranya? ataupun karena one man teamnya? sah sah aja asal tidak annoying dengan menghina fans fans lain atau update update sesuatu yang sifatnya annoying, seperti berkata " Fans oasis harus fans manchester city" WHAT THE HELL? I LOVE LIAM GALLAGHER BUT I LOVE UNITED TOO. Soalnya dipikir pikir toh itu bukan kota kita atau negara orang, lalu hubungannya apa dengan kita? sampai harus berantem merebutkan nyawa demi hinaan klub orang semata?



Ada lagi yang aneh, ada yang sering bilang " Kalau pake jersey saat menang itu karbitan saat kalah itu loyal" . Terus kalau itu orang pake jersey terus, gimana? Jualan jersey? Atau engga punya baju lagi? Ini sangat ironi, sesorang ketika ingin memakai jersey harus lihat dulu pertandingan klubnya, kalau menang dia tidak bisa memakainya. Kasihan, tau gitu gua dukung QPR musim ini, supaya pakai jersey terus tiap hari dan gua fans loyal. Belajarlah dewasa, tingkat keloyalitasan fans bukan sekedar jersey, atau bukan masalah itu. Bahkan arti fans sejati aja gue masih gamang.

Gue emang bukan fans die hard manunited, tapi menurut gue fans yang normal adalah yang mendukung timnya, baik dengan pujian atau kritikan ketika ia menang atau kalah. Thats it simple. But hard to do. Banyak yang susah mengkritik tim kesayangannya karena sayang. Bitch please. Seperti susah mengakui kalau tadi malam united harusnya kalah dari chelsea, karena united main seperti orang mabok berat di babak kedua. Bukan maslalah jersey kemana mana pakai jersey. Tukang jersey berarti suporter paling loyal ya di dunia?


Pakailah jersey ketika nobar, kalau itu baru hal setangah wajib. Seperti sholat memakai baju koko, makai baju bebas pun tidak apa apa, tapi kalau pakai baju koko akan terasa menghargai tuhan. Ketika memakai jersey saat nobar terlihat lebih menghormati pertandingan. Penyakit tentang paradigma karbit dan jersey ini sudah akut sekali. Sangat akut. Masalahnya saya dan kawan kawan jadi tertekan karena united lebih sering menang sekarang, lalu kapan gua boleh pakai jersey gua?

Oke diatas cuma opini dangkal dari saya seperti dangkalnya sungai di jakarta. Tapi coba ambil secuil kebenaran dari sini, setai tainya keluar dari dubur ayam, ada telurnya juga kan? gue cuma engga mau kalaian berpikir raisa punya dua tim kesayangan, karena dia pakai jersey united sekaligus chelsea. Kalau cewe biasanya gimana cowonya. Jadi bisa disimpulin raisa pernah punya pacar yang suka united sama chelsea.
Oke gue harap kalian fokus sama tulisan jelek ini, bukan sama foto foto cantik diatas. Tapi emang engga bisa bohong cewe yang makai jersey dan ngerti bola, cantiknya nambah 100%.


No comments:

Post a Comment