indomietelorkeju

indomietelorkeju
Hidup yang dimenangkan adalah hidup yang dipertaruhkan

Total Pageviews

Tuesday 21 February 2012

5 hal kenapa suka perdagangan internasional

       Perdagangan Internasional merupakan hubungan kegiatan ekonomi antarnegara yang diwujudkan dengan adanya proses pertukaran barang atau jasa atas dasar suka rela dan saling menguntungkan.
Seperti yang kita ketahui sekarang masing - masing negara masih kurang mampu untuk menutupi kebutuhannya di masing-masing negaranya. Contohya Indonesia, kita kenal Indonesia sebagai negara penghasil beras yang cukup tersohor diantara negara lainnya, tapi nyatanya kita masih harus mengimpor beras dari thailand. Kenapa? karena kebutuhan beras di Indonesia tidak tertutupi oleh persediaan beras yang ada di Indonesia. Selain itu di banyak negara perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP.
        5 hal yang menyebabkan kenapa kita menyukai perdagangan internasional adalah sebagai berikut
Pertama, perdagangan internasional memudahkan kita mendapatkan kebutuhan yang kita butuhkan walaupun kita tidak memiliki sumberdaya alam tersebut. Seperti yang kita tahu semua sumberdaya alam yang ada di berbagai negara ini berbeda tapi kebutuhan akan sesuatu barang itu tidak terbatas. Contohnya, VOC yang sangat membutuhkan rempah rempah yang dimana rempah rempah tersebut hanya dimiliki di sekitar daerah kepulauan Maluku.
Kedua,perdagangan internasional memudahkan kita jika terjadi kelebihan produksi yang terjadi di dalam negeri. kita ambil contoh, produksi beras yang dibutuhkan suatu negara adalah 100 tetapi negara tersebut menghasilkan beras sebanyak 150, nah alangkah lebih baiknya kelebihan tersebut kita alokasikan dalam bentuk pengeksporan ke negara lain.
Ketiga, Perdagangan internasional berguna untuk meminimalisir biaya produksi yang terlalu tinggi di negara asal tersebut. Misalnya negara X harus mengeluarakan biaya produksi sebesar 100 untuk menghasilkan barangnya. Tapi jika negara X mengimpor barang yang sama hanya butuh biaya kecil, dan jika ditilik tilik dibandingkan membuat barang sendiri,ternyata lebih untung mengimpor barang tersebut dari negara lain.
Keempat, perdagangan internasional berguna untuk membangun relasi dan kerjasama dengan negara- negara lain. Walaupun negara tidak berbisnis dengan skala besar,tapi hubungan yang terjalin baik merupakan modal awal yang sangat berguna untuk ke depannya. Sepeti bila nanti ada bencana alam,negara yang sudah kenal dengan kita siap menerima bantuan
Kelima, Perdagangan internasional berguna untuk meningkatkan GDP negara tersebut. Seperti yang kita ketahui Ekspor Impor sangat mempengaruhi GDP suatu negara yang menganut sistem ekonomi terbuka seperti kita.

1 comment:

  1. mantap bro,apalagi kalau perdagangan internasional dikaitkan sama bidang studi lain. misalnya sama politik. dulu VOC jajah indonesia atas nama perdagangan internasional kan. sekarang freeport jajah indonesia juga atas nama perdagangan internasional

    ReplyDelete