indomietelorkeju

indomietelorkeju
Hidup yang dimenangkan adalah hidup yang dipertaruhkan

Total Pageviews

Saturday 4 February 2012

Budaya Indonesia


Sedikit postingan disini.. dikarenakan timeline gw udah penuh sesak sama sama orang yang cuma minta follow back.
Gw cuma mau cerita sedikit,tadi abis liat spanduk..ada tulisan yang di caps lock,bunyinya gini
“Berantas korupsi,hancurkan sampai akar-akarnya,hidup mahasiswa!”
Pertama kali diliat, gw mikir.. Bagus nih! Keren!
Tapi gw telaah dan cerna lagi.. Ada yang salah dengan implementasinya
hingga akar-akarnya?yakin?
kalau mau tau arti korupsi menurut perspektif gw, akar korupsi itu adalah titip absen dan mencontek.. Disitu terbudayakan lah dimana ada dua individu, yang dimana tokoh pertama menjalankan peran sebagai subjek yang bertugas meminta sesuatu yang dinilai “kotor” dan “haram” tapi karena skalanya mikro kita sudah menganggap biasa saja dan itu terus membudaya,dan perspektif orang orang tentang sesuatu yang mikro itupun menjadi lumrah….
Dan tokoh kedua,sebagai subjek,yang bertugas dipaksa mengiyakan pemintaan tokoh pertama,karena sesuatu yang disebut “ketidakenakan” “kasihan” “Loyalitas terhadap teman”
Inilah yang seringkali jadi korban..kasihan tokoh kedua,sudah diskenariokan menjadi umpan dari skema “akar orupsi” ini.
Jujur,gw belum berani meneriakan gerakan anti korupsi. Karena gw masih dibudayakan untuk menyiramkan akarnya. Tapi ga akan berubah kalau ga ada yang berani dan yang berani itu yang di asingkan.. Wajar , Indonesia..Takut menerima perubahan dan tak bisa mencerna, semua ditelan mentah-mentah.

1 comment:

  1. kalau kita merasa masih dibudayakan menyiram akarnya, mari jadi agen counter culture. kalau kata jeruji, "hanya ada satu kata, LAWAN!" :D

    ReplyDelete